Resep Tahu Pletok khas kota Tegal

on ,
Setelah Kemarin Ayokitamasak share Resep tahu aci khas kota Slawi Tegal, hari ini Ayokitamasak mau share resep tahu pletok yang mirip dengan tahu aci, pembaca pasti bertanya mengapa panganan satu ini disebut tahu pletok, Tahu pletok adalah hasil olahan kedua dari tahu aci, biasanya pedagang tahu aci yang daganganya tidak habis akan mengolah kembali tahu aci yang tidak laku itu dengan cara mengiris tahu menjadi beberapa bagian kemudian ditambahkan aci lagi lalu digoreng sampai kering, ukuran yang berubah dan penggorengan kembali inilah yang menyebabkan tekstur tahu aci berubah menjadi renyah sehingga orang menamakanya tahu pletok. tapi saat ini penjual tahu aci juga sudah menjual tahu pletok dengan bahan tahu aci yang mereka jual hari itu juga sehingga menghilangkan kesan bahwa makanan ini seperti makanan daur ulang. berikut ini resep cara membuat tahu pletok.

Bahan-bahan
  • 5 buah tahu aci yang sudah digoreng
  • Adonan aci Yang sudah dibumbui siap pakai (resep bisa dilihat disini)
  • Minyak untuk menggoreng
  • Sambal kecap dan cabe rawit sebagai pelengkap
Cara membuat
  1. Iriis tahu menjadi tiga bagian (masih berbentuk diagonal)
  2. Tambahkan aci di salahnsatu sisi tahu yang sudah kita iris.
  3. goreng dengan minyak panas sampai kering
  4. Angkat, tiriskan
  5. Sajikan dengan sambal kecap dan cabe rawit
Demikian resep cara membuat tahu pletok khas kota tegal yang cocok kita buat sebagai camilan saat berkumpul dengan keluarga diakhir pekan.

1 comment:

  1. Jujur enak banget tahu pletok khas tegal ini, beruntung saya selalu mendapatkannya gratis di Sate Tegal Marem, Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung Sedang ada promo disana.

    ReplyDelete