Resep membuat Rendang khas Minang Asli

on ,
Pada Kesempatan kali ini Ayokitamasak akan membagikan resep salah satu masakan yang sangat fenomenal di indonesia yaitu Rendang. Rendang adalah masakan yang dibuat menggunakan daging sapi/kerbau sebagai bahan utamanya, rendang adalah kuliner asli dari Sumatra barat yang pernah masuk kedalam daftar makanan ter enak di dunia oleh CNN beberapa waktu lalu, rendang terbuat dari daging sapi/kerbau yang dicampur dengan bumbu seperti cabe merah giling, bawang merah, bwang putih dan rempah-rempah kemudian ditambahkan santan dan parutan kelapa sangrai dimasak selama tiga sampai empat jam hingga bumbu mongering dan mengeluarkan banyak minyak.
Rendang sangat mudah dijumpai pada rumah makan padang di seluruh Indonesia bahkan dunia, rendang dapat bertahan lama apabila dimasak dengan benar, dalam suhu ruangan rendang bisa bertahan hingga seminggu jika rendang diletakan di freezer maka rendang bisa bertahan hingga lebih dari satu bulan. Karena kenikmatanya rendang oleh masyarakat Minang terdahulu disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan-perhelatan tertentu. Simak Resep Rendang Kering khas Minang berikut ini

Bahan-bahan
  • 1kg Daging sapi tanpa lemak , potong searah serat
  • 2000 ml santan dari 3 butir kelapa (santan diperas dengan air kelapa)
  • 250 gram Serundeng, kelapa sangrai yang ditumbuk sampai berminyak
  • 1 sdm air asam jawa, dari 5 mata asam jawa
  • 2 sdt garam/secukupnya
    5 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit, sobek menjadi dua lalu simpulkan
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan lalu ikat

Bumbu Halus
150 gram cabe merah keriting
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
4-5 cm jahe
3-4 cm lengkuas
2 buah serai, ambil bagian putihnya lalu potong kecil
1 sdm ketumbar, sangrai
3 lembar daun jeruk, buang tangkainya
4 buah bunga lawang, rendam air panas 30 menit
1 sdt merica butiran
1 sdt jintan, sangrai

Cara membuat
  1. Panasakan penggorengan kemudian rebus santan hingga bergejolak, kemudian masukan bumbu halus, daun jeruk, daun sereh, daun kunyit sambil terus diaduk.
  2. Masukan daging sapi yang telah terlebih dahulu dibersihkan, kelapa sangrai, garam , masak hingga berminyak dan kental.
    Setelah kuah menyusut/kental sekarang saatnya tahap pengeringan, aduk terus rendang hingga kuah mengering menyisakan minyak dan remahan kelapa dan santan
  3. Sajikan selagi hangat
Demikianlah Resep Rendang khas minang yang enak dan tentunya mudah dibuat, resep ini bisa dimodifikasi sesuai keinginan kita, apabila ingin rendang yang memiliki kuah atau orang minang biasa menyebutnya kalio maka abaikan step pengeringan.

No comments:

Post a Comment